Sense Of Belonging


1 KORINTUS 12:12-31

Rasa memiliki (sense of belonging) mungkin merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan bahwa pada dasarnya kita adalah satu, saling memiliki, saling membutuhkan, tetapi juga karena kita berbeda satu sama lain. Kita diciptakan berbeda sesuai dengan kehendak-Nya (ayat 18). Itulah sebabnya tidak tepat apabila ada jemaat, kelompok, komisi, badan yang merasa dominan atau lebih utama dibandingkan yang lain.

Tuhan menciptakan tidak semua orang memiliki kemampuan dan kondisi yang sama, bahkan sesuatu yang lemah pun dapat dipakai Tuhan untuk tujuan yang sangat mulia. Mengapa Allah menciptakan perbedaan atau keragaman tersebut? Tujuannya hanya satu, agar kita saling melengkapi, kita saling membutuhkan. Seperti halnya ilustrasi tubuh manusia dalam 1 Kor. 12 : 12-31. Demikian juga tubuh Kristus. Tuhan menciptakan kita umatnya dengan keragaman tugas dan tujuan.

Saat ini, dengan merebaknya COVID-19 semua mengalami dampaknya. Namun, kadar dampak dari satu orang ke orang lain tidak sama. Keluarga satu dengan keluarga ya lain tidak sama. Oleh karena itu, mari bagi kita yang kuat menopang saudara-saudara kita yang karena merebaknya COVID-19 kesulitan memenuhi kebutuhan pokoknya. Banyak hal bisa kita lakukan, misal: memesan Go Food/Grab Food yang sudah kita bayar, lalu kita kirim ke saudara kita yang membutuhkan atau ke driver Gojek/Grab. Atau mentransfer atau mengirim peralatan yang dibutuhkan RS untuk penanganan COVID-19. Dan masih banyak lagi cara untuk kita menopang saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Doa:

  1. Paramedis agar selalu diberikan kekuatan, kesehatan & semangat untuk melayani setiap pasien
  2. Pemerintah terutama Presiden Joko Widodo supaya mampu membawa bangsa kita keluar dari krisis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *