KETIKA DALAM PENCOBAAN


Post Thumb

KETIKA DALAM PENCOBAAN

Yakobus 1:1-8

Makna pencobaan berbeda dengan ujian. Pencobaan adalah suatu kejadian derita yg pahit&tidak terduga. Makna ujian adalah proses yg sudah kita persiapkan dengan baik&tujuan tertentu yg hendak dicapai; misalkan: ujian masuk perguruan tinggi, ujian syarat melamar pekerjaan. Oleh karena itu tidak semua orang siap dengan pencobaan.

Pencobaan selalu mendera baik ketika kita siap maupun tidak, kuat atau lemah. Misalkan ketika kita sedang putus cinta&gagal move on; lalu kita mendapat kabar anggota keluarga kita kecelakaan. Sekali lagi, tidak ada seorangpun yg bebas, kebal dan lepas dari penderitaan hidup. Faktor pembedanya adalah sikap iman& perspektif dalam menyikapinya.

Bagi orang tidak beriman, perspektif hidupnya dipenuhi kemarahan&penolakan. Namun bagi orang beriman akan memiliki perspektif hidup yg tidak demikian. Bagi orang percaya, setiap pencobaan adalah media penyataan dari Allah. Surat Yakobus memberikan penghiburan agar umat percaya bahwa tiap pencobaan sebagai suatu kebahagiaan.

Pencobaan merupakan sarana untuk mematangkan&membawa pertumbuhan kualitas hidup. Dalam hal ini kita dapat melihat bahwa ada hubungan erat antara sikap iman dengan perspektif hidup.

Iman yg hidup kepada Allah membawa perspektif hidup yg membebaskan&membarui. Iman bukanlah kumpulan doktrin. Namun iman adalah sikap rohani yg memahami realita kehidupan dari sudut pandang Allah dalam rencana&maksud-Nya.

#SalamWelasAsih

NB: jika merasa diberkati melalui renungan ini, kirimkan ke saudara-saudara yang lain.

Kembali Keatas