BERBEDA? SO WHAT GITU LHO???


Post Thumb

BERBEDA? SO WHAT GITU LHO???

1 Korintus 3:1-9

Salah satu kenyataan yg dihadapi gereja Kristen di Indonesia adalah keanekaragaman. Baik dalam organisasi gereja, tata cara beribadah, pengajaran, dll.

Keanekaragaman gereja sebenarnya adalah sebuah kewajaran. Secara positif hal tersebut menunjukkan betapa "tidak terbatasnya" Tuhan, sehingga sekian banyak denominasi tidak mampu menampung "realitas-Nya".

Namun kepelbagaian gereja menjadi negatif jika kemudian sebuah gereja menganggap dirinya lebih benar, lebih alkitabiah; lalu menjelek-jelekkan gereja lain dengan tuduhan miring.

Keadaan diperparah dengan sikap orang Kristen yg memberlakukan gereja seperti supermarket. Memilih-milih mana yg disukai. Tidak cocok dengan kotbahnya, pindah ke gereja lain; tidak suka dengan tata cara gereja tersebut, cari gereja lain. Pokoknya yg penting  memuaskan telinga&emosi. Masalah komitmen urusan belakangan.

Padahal, ke gereja tidak hanya memuaskan telinga& emosi kita, tapi beribadah kepada Tuhan. Ke gereja tidak hanya menerima,namun juga memberi; tidak hanya persembahan dalam bentuk uang, namun juga waktu, tenaga,hati&seluruh keberadaan hidup kita.

Keberbedaan dilihat secara negatif juga terjadi dalam bacaan kita sekarang. Jemaat Korintus mengalami perpecahan. Ada kelompok Apolos, Petrus& Paulus. Masing-masing merasa paling benar.

Rasul Paulus menyadari bahwa dirinya, Apolos& Petrus adalah berbeda. Sehingga tidak perlu dibanding-bandingkan; namun saling melengkapi.

Rasul Paulus mengatakan: "Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah lah yang memberikan pertumbuhan".

Masing-masing melakukan sesuai jalan&kapasitas yg Tuhan berikan kepada mereka. Demikian juga bagi kita. Perbedaan adalah hal yg biasa, namun pandanglah bahwa kita melayani Tuhan yg sama. Jika perbedaan masih menjadi masalah, jangan-jangan yang kita layani bukan Tuhan melainkan ego kita.

Jadi, marilah kita menghargai perbedaan, keanekaragaman yg ada di antara kita, sekaligus juga menghargai keunikan diri kita sendiri. Tanpa perlu menghakimi, juga tanpa perlu dihakimi.

Hari gini masih sewot sama perbedaan? Helllooowww???😁 

#SalamWelasAsih

NB: jika merasa diberkati dengan renungan ini kirimkan ke saudara-saudara yang lain

Kembali Keatas