MINORITAS TAK PERLU MEMELAS!


Post Thumb

MINORITAS TAK PERLU MEMELAS!

1 Petrus 3:13-17

Beberapa waktu ini kita kembali dikejutkan dengan video penutupan sebuah gereja. Hal tersebut menunjukkan menjadi minoritas itu tidak menyenangkan. Apalagi ketika kita menjelang Pemilu, biasanya suara mayoritas akan didekati; namun seringkali kaum minoritas tidak dipandang. Sehingga butuh usaha keras supaya kepentingannya diperhatikan.

Supaya kepentingannya diperhatikan, maka kaum minoritas mencoba untuk memperbaiki nasib melalui:

1.berjuang meraih posisi mayoritas: membuat banyak anak, membuat program yg intensif&agresif

2.syndrome minority: membuat simbol-simbol kebesaran atau melakukan tindakan-tindakan ekstrem untuk menunjukkan eksistensi (misal melalui teror).

Kedua tindakan tersebut tidak benar. Lalu bagaimana sikap kita sebagai minoritas?

1 Petrus 3:13-17 adalah nasehat untuk orang Kristen yg merupakan minoritas bukan supaya berusaha menjadi mayoritas; bukan juga mengingkari kenyataan bahwa sebagai minoritas. Melainkan supaya mampu bertahan di tengah berbagai tantangan yg biasa dihadapi minoritas (dicurigai,diejek, diskriminasi).

Lalu bagaimana sikap seharusnya?

1.memiliki mental siap menderita: meski belum tentu mengalami penderitaan &tidak perlu mencari penderitaan, namun siap jika mengalaminya

2.mengkuduskan Kristus di dalam hati sebagai Tuhan: gambaran kita akan Tuhan, menentukan bagaimana mentalitas kita. Gambaran Yesus sebagai Tuhan yg mau menderita, akan membentuk kita untuk berani menderita& berjuang.

3.memiliki pengharapan: optimis bahwa penderitaan bukan hal yg kekal. BADAI PASTI BERLALU

#SalamWelasAsih

NB: jika merasa diberkati melalui renungan ini, kirimkan ke saudara-saudara yang lain

Kembali Keatas