RENCANA ALLAH BAGI MANUSIA


Post Thumb

Gembala Menyapa

7 Januari 2019

(Pdt Adhitya Chris Nugroho)

RENCANA ALLAH BAGI MANUSIA

Mazmur 34:7-20

Saudara-saudara terkasih...

Pertanyaan yg selalu menjadi pergumulan orang Kristen selama ini adalah: "Apakah ketetapan Tuhan ada? Apakah Tuhan sudah mempunyai rencana atas diri manusia? Kalau Tuhan sudah mempunyai rencana yg mendetail, apakah arti&usaha& perencanaan kita?".

Pertanyaan tersebut sulit dijawab, bahkan mustahil dijawab. Why? Karena kita berhadapan dengan Allah yang Maha Kuasa, sedangkan kita penuh dengan keterbatasan. Mungkinkah manusia yg serba terbatas, hendak mengungkap&memahami Allah yg tidak terbatas? Ini adalah bagian dari misteri Ilahi.

Sebagai manusia, sesuatu yg alamiah untuk punya kecenderungan memiliki rasa ingin tahu. Tuhan tidak memperkenankan kita untuk tahu segala sesuatu. Bahkan dalam Alkitab menunjukkan, justru bahaya ketika manusia yg terbatas mengetahui tentang yg tidak terbatas. Bukankah manusia justru jatuh dalam dosa ketika berkeinginan mengetahui yg diketahui oleh Tuhan

Dalam keterbatasan kita sebagai manusia, ada 2 hal yg hendak disampaikan Tuhan dalam Alkitab:

1.Tuhan punya rencana

Tuhan kita bukanlah Tuhan yg suka ongkang-ongkang di surga; melainkan senantiasa bekerja merencanakan sesuatu. Dalam Mazmur 34, segala sesuatu yg dilakukan Allah untuk kebaikan, keselamatan dan kesejahteraan manusia dan bukan untuk mencelakakan (Mzm 34:16-20)

2.Manusia boleh berencana

Tuhan memberi kita kebebasan untuk punya rencana. Baca dalam Amsal 16:3-4. Dari ayat tersebut dgn jelas bahwa manusia diberikan kesempatan untuk berencana

Tuhan punya rencana, dan manusia boleh berencana. Apapun boleh direncanakan, yg baik bahkan yg buruk. Tapi ketika manusia berencana yg buruk, maka bersiaplah menanggung segala konsekuensinya.

Namun, Tuhan selalu merencanakan segala sesuatu yg pasti mendatangkan kebaikan, keselamatan dan kesejahteraan.

Oleh karena itu, cocokkan lah, sesuaikan lah apa yg kita rencanakan dengan apa yg Tuhan rencanakan, maka damai sejahtera dari Allah akan melingkupi kita.

#SalamWelasAsih

NB: jika merasa diberkati dengan renungan ini, kirimkan ke saudaramu yang lain

Kembali Keatas