HATI YANG TEGUH&BERSIH (Part 2)


Post Thumb

Gembala Menyapa 

5 Januari 2019

(Pdt Adhitya Chris Nugroho)

 HATI YANG TEGUH & BERSIH 

 (Part 2) 

 Mazmur 139:1-19 

Dalam renungan kemarin menyadarkan bahwa Tuhan mengenal kita & begitu dekatnya dgn kita.

 Ia tdk pernah membiarkan kita sendirian.

Nah,sekarang terserah anda. Kalau Tuhan tdk membiarkan anda berjalan sendirian, ini menyenangkan atau mengganggu?  Mungkin yg merasa terganggu, merasa tdk bebas, tdk bisa semaunya, merasa dimata-matai, dsb.

Ay 14: "Aku bersyukur kepada-Mu karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kau buat dan jiwaku benar-benar menyadarinya."

Ini indah sekali! Pemazmur bersyukur atas apa yg dibuat oleh Tuhan.

Bukan karena Tuhan melakukan apa yg pemazmur inginkan.  Kalau berbicara mengenai apa yg pemazmur inginkan,  maka itu tertulis di ay 19: "sekiranya..." 

Sekiranya betul begitu! Semua yg jahat & brengsek itu lenyap! Sekiranya! Tetapi pemazmur sadar betul, Tuhan tidak akan melakukan itu.

Pada tahun baru ini, yakinlah orang-orang jahat masih banyak,  orang-orang brengsek masih dibiarkan berkeliaran, tidak dilenyapkan atau dimatikan. Meskipun demikian, pemazmur mengajak kita untuk bersyukur & memuji Allah. Dan kalau dipikir lebih dalam,apa yg disampaikan pemazmur adalah hal yg logis. 

Why?

 1 . Pernahkah anda membayangkan kalau Tuhan mengabulkan doa anda---semua orang jahat dilenyapkan Tuhan? Semuanya? 

Apa yg membuat anda ( dan saya) tidak termasuk yg dilenyapkan Allah?

 2 . Di situ letak keunikan & kekhasan Allah yg disaksikan pemazmur! Allah selalu mengejar & mengurung kita; tapi tidak dgn amarah atau dengan dendam.

Ia mengejar & mengurung kita dengan kasih.

Kalau ada diantara kita yang rasanya masih belum puas sebelum semua orang yang tidak disukai itu lenyap & yg tidak sependapat itu musnah; saya kuatir orang itu walau agamanya Kristen tetapi saya yakin bahwa tuhanya bukanlah Tuhan Yesus. Dan yg membuat saya lebih kuatir lagi: jangan2 orang itu belum diampuni. 

Sebab Tuhan berkata:

 hanya orang yang mau enganpuni orang lain akan diampuni

Mari,kita masuk di tahun baru dengan hati yg bersih. Semua prasangka buruk, dendam, cemburu, dan semua yg kotor---tinggalkan, tanggalkan dan kuburkan itu---biar menjadi bagian masa lalu. 

 Selamat merubah diri menjadi manusia baru. 

#SalamWelasAsih

NB: jika merasa diberkati dgn renungan ini, kirimkan ke saudaramu yg lain

Kembali Keatas